Senin, 12 Januari 2009

refleksi final persiapan perencanaan pembelajaran

FINAL REFLEKSION PERENCANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Sesuai apa yang telah disampaikan oleh Bapak Dr. Marsigit persiapan pembelajaran matematika digolongkan menjadi dua kategori utama yaitu : Persiapan umum dan persiapan khusus. Persiapan umum meliputi kajian dan penyesuaian paradigma dan teori pendidikan dan pembelajaran matematika inovatif dan implementasinya,baik menyangkut hakekat matematika sekolah, tujuan pendidikan matematika, hakekat tugas dan fungsi guru matematika, hakekat siswa belajar matematika, hakekat metode pembelajaran matematika, dan hakekat sumber belajar matematika. Sedangkan Persiapan Khusus meliputi persiapan yang terkait dengan persiapan pembelajaran matematika di kelas.Persiapan khusus dimulai dengan analisis kurikulum(KTSP) yang meliputi standar isi , standar kompetensi,kompetensi dasar,Tujuan pembelajaran,Pemetaan,Indikator,Strategi belajar mengajar,dan penilaian.Persiapan Khusus yang akhirnya menghasilkan RPP(lesson plan). Hal-hal yang perlu mendapat perhatian pada persiapan khusus pembelajaran matematika adalah perlu dikembangkan beberapa skema meliputi :Struktur Pembelajaran (Pendahuluan,kegiatan inti,dan Penutup). Skema pencapaian kompetensi (Will,Attitude,Knowledge,Skill, dan Exsperience).Skema Interaksi (klasikal, kelompok, dan individu). Skema variasi Metode ( deduktif dan induktif). Skema variasi media atau alat bantu pembelajaran (LKS dan Alat Peraga) dan variasi sumber belajar(buku text, internet, atau Blog dan ICT).
Dijelaskan juga bahwa Will dalam pencapaian kompetensi mencakup didalamnya terdapapat : motivasi,apersepsi,berdoa, niat,ibadah, rasa optimis, rasa senang.Dijelaskan lebih lanjut bahwa dari Naluri/insting → Energi → Motivasi → Kegiatan/Aktivitas.
Energi yang didasari alasan →bertujuan Energi yang diarahkan hasil pendidikan → aktivitas komplek Energi lemah/tak berarah → aktivitas acak Energi yang potensi → fakta
Dijelaskan juga apersepsi dan motivasi tidak hanya bercerita tapi harus juga berbuat.

Menurut Hermenetutic cycle hidup adalah diterjemahkan dan menerjemahkan.
Hermeneutic Cycle text


Interpretation Interpretation

1 komentar:

Mulyati mengatakan...

Sukses pak atas blognya. Terus berkarya...